Rabu, 17 Juli 2013

Bidang Akuntansi

a. Akuntansi umum/keuangan (general/ accounting/ financial accounting yaitu akuntansi yang bertujuan untuk menyajikan laporan keuangan kepada para pemakai)


b. Akuntansi managemen yaitu akuntansi yang bertujuan untuk membantu managemen dalam perencanaan maupun pengendalian perusahaan.

c. Akuntansi biaya (cost accounting) yaitu bidang akuntansi yang menekankan perhitungan harga pokok barang dan jasa yang diproduksi suatu perusahaan. Selain itu juga pengendali biaya.

d. Pemeriksa akuntansi (Auditing) yaitu bidang akuntansi yang tujuan utamanya untuk memeriksa laporan keuangan yang disajikan akuntansi keuangan, apakah sudah layak atau belum.

e.Akuntansi perpajakan (tax accounting( yaitu akuntansi yang tujuan utamanya menghitung besarnya pajak yang harus dibayar oleh perusahaan.

f. Sistem akuntansi (accounting system) yaitu akuntansi yang tujuannya merancang dan melaksanakan sistem akuntansi yang baik di lingkungan perusahaan.

g. Akuntansi penganggaran (Budgetary accounting) yitu akuntansi yang tujuan utamanya untuk menyusun anggaran (beban dan pendapatan) perusahaan.

h. Akuntansi pemerintahan (government accounting) yanitu akuntansi yang mengkhusukan pada kegiatan pencatatan dan pelaporan transaksi-transaksi yang terjadi pada beban-beban pemerintah.

(sumber: Buku Keterampilan Akuntansi kelas VII Yayasan Salib Suci)

1 komentar: