Rabu, 17 Juli 2013

Pihak Pemakai Akuntansi

Pihak-pihak yang berkepentingan dalam informasi akuntansi adalah:

1.Pihak Intern, yakni pihak yang bertanggung jawab melaksanakan jalannya perusahaan, dalam hal ini managemen. Informasi akuntansi bermanfaat sebagai dasar dalam menyusun anggaran, pelaksanann anggaran, dan pengawasan kegiatan perusahaan. Pemilik dan manager termasuk pihak intern, pemilik membutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui perkembangan perusahaan yang dimilikinya sedangkan manager membutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui perkembangan perusahaan yang telah dikelolanya demi kelangsungan hidup perusahaan.

2.Pihak Ekstern, yakni pihak yang berhubungan dengan perusahaan, tetapi hanya pada batas-batas tertentu,
Pihak ini terdiri:

a) Pemilik/calon pemilik/persero, informasi akuntansi berguna untuk mengetahui jumlah kekayaan yang ditanamkan dalam perusahaan bagaimana posisi keuangan perusahaan, dan perkembangan di masa yang akan datang.

b) Kreditor/bank atau calon kreditor, informasi akuntansi dijadikan sebagai dasar menilai kemampuan perusahaan dalam membayar utang-utangnya atau kredit yang akan diberikan.

c) Badan pemerintah, informasi akuntansi dijadikan dasar dalam menentukan pajak perusahaan supaya pemerintaj dapat membuat target penerimaan pendapatan Negara untuk pembangunan.

d) Pegawai/karyawan, informasi akuntansi digunakan untuk mengetahui kemapuan perusahaan dalam meningkatan kesejahteraan karyawan.


(sumber: Buku Keterampilan Akuntansi kelas VII Yayasan Salib Suci)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar